Pulau Harapan & Pulau Kelapa Dua, Pulau indah ditemani dengan pulau - pulau kecil di sekitarnya

02.41

Hi semuanya, kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya ke salah satu pulau yang sudah sangat terkenal di pulau seribu. Yup! Pulau Harapan! Saya dan kawan – kawan (Team Saman Angkatan 2014) udah ngerencanain liburan saat liburan semester perkuliahan. Kita semua pada pengen pergi ke tempat yang ada air – airnya (pantai), oke langsung aja cari pulau – pulau yang ada di pulau seribu dan nemu deh pulau satu ini hehe.

Perjalanan di mulai dari tanggal 2 – 4 Agustus 2017. Searching – searching di google nyari paket termurah 3D2N sampe gumoh! Hahaha dan berakhir di salah satu paket yang temen gue tawarin. Oke. awal perjalanan kita mulai dari pelabuhan Kali Adem, sumpahhh ini pelabuhan bersih banget ! beda banget pas pelabuhannya masih di Muara Angke, haduhhh bauk banget! Lanjut cerita, kita sampe Kali Adem itu sekitar jam set6 (karena emang disuruh dateng pagi biar dapet tempat enak di perahunya), pada saat itu baru rombongan gue doang yang dateng, so sambil nunggu rombongan lainnya, gue sholat subuh dulu sama temen – temen gue. Kalian tau apa yang gue rasain ketika pas mau wudhu di Musholla kali adem ? Guys, itu airnya asinnnn buangettt! Ampun dah 😟 bener – bener asinnn banget, asli daaaa 😟 Setelah sholat subuh, sambil nungguin kawan – kawan lainnya dateng, gue sarapan bareng teman – temen yang udah pada hadir disana, kita sarapan bubur, harga buburnya juga standar (kalau gak salah 10ribu), beberapa menit kemudian temen – temen gue yang lainnya pun dateng, pas udah ke kumpul semua, kita langsung beli tiket ke pulau Harapan (JFYI : Buat teman – teman yang mau beli tiketnya langsung sekarang bisa lho, jadi gak usah pake calo lagi, karena sekarang disediain loket buat beli tiket ke pulau – pulau yang ada di kepulauan seribu), gue waktu itu pergi 12 orang, sebenernya team kita itu berjumlah 17 orang, but sadly 5 orang gak bisa ikut karena alasan yang berbeda. Sedih sih, padahal kita ngerencanain perjalanan ini biar semuanya bisa ikut, tapi apa boleh buat kalo ada beberapa dari kita yang emang gak bisa ikut.
(Di dalam kapal bagian bawah)
Lanjutt, sekitar jam 7 kita baru masuk ke kapal dan ternyata kapalnya itu gak rame HAHAHA. Karena kita emang ngambil weekdays, biar enak dan juga sepi. Kalian tau sendiri lah ya, kalo lagi weekend pasti pengunjungnya bertambah banyak dan kita semua pada males dan emang menghindari hari weekend. Beruntunglah kita ini, tapi gak enaknya ya gitu, seharusnya kapal berangkat jam 7, jadi ngaret sampe jam 9 baru kita jalan 😟 Nunggunya ampe tidur dulu kalih kita, saking lamanya hahaha. OIAH GUE INGET! Kenapa kita ngaret itu karena nunggu rombongan orang lain (ada bulenya) usettt gara – gara dia doang kita jadinya lama berangkatnya! Btw, terakhir gue ke pulau, itu ke pulau tidung dan kondisi perahu antar pulau waktu gue ke tidung itu bener – bener bedaaaaaaaaa banget sama sekarang, kondisi perahunya sekarang lebih keren, kalian bisa liat sendirikan bagian bawahnya sekarang ada tempat duduknya (udah kaya bis hehe), kalo dulu mah kita ngedeprok (lesehan) dan satu lagi yang gue salut sama peningkatan kapalnya itu adalah di setiap bangku di sediain PELAMPUNG. Dulu, waktu gue ke tidung, ya Allah, pelampung paling cuman 30an doang kalih, mana waktu itu weekend dan kapalnya itu penuh banget sampe meleber ke pinggir – pinggir kapal. Dulu waktu ke tidung sempet mikir kalo tenggelem ini pelampung kayanya gak mencukupi orag – orang yang ada di sini haha, tapi Alhamduliilah ya, gue gak kenapa – napa dulu waktu ke tidung. Tapi gue salut banget sama perkembangan perahu – perahu yang ada di kali adem. Di bagian atas gak banyak yang berubah karena tetep ngedeprok, enaknya di atas ya kita dapet anginnya banyak, tapi kena panas (tergantung arah mataharinya juga sih lagi ada di sebelah mana), kalo di bawah ya enaknya kita adem (karena ada fasilitas kipas lho guys haha), tapi gak enaknya buat orang – orang yang gampang mabok ya kerasa banget kalo di bawah mah, beda kalo di atas gak begitu kerasa.

Akhirnya, perjalanan di mulai! Entah kenapa gue dari awal masuk kapal pengen banget duduk di depan, dan akhirnya gue memutuskan untuk duduk di bagian depan kapal, awalnya sih ramean bareng temen – temen tapi karena matahari semakin ke atas, jadi satu per satu pada masuk ke dalam kapal dan tinggal sisa gue doang di depan kapal. Pas berangkat gue sempet ngobrol sama beberapa pengunjung yang mau holiday di Harapan. Pas lagi di perjalanan, kapal gue ini transit bentar ke pulau pramuka (kayanya sih mau ada transaksi dulu), gak berlangsung lama, kita lanjut lagi perjalanan ke pulau Harapan, Jarak antara pulau Pramuka – Pulau Harapan itu gak jauh, paling sekitar 30 menit ya (kalo gak salah nih ya hahaha). Gak kerasa, ternyata kita udah sampai di Pulau Harapan! YEAY! Oke. Kita pun turun dari kapal dan berkumpul,abis itu nyari guide kita, pas ketemu kita langsung di arahin ke jalanan kecil, kita bingung dong, lah pulau Harapan masuknya kan lurus (ada jalanan besar untuk masuk ke pulau harapan) tapi kita kok malah diarahin ke perahu lagi, dan kalian tau apa ? ternyata guide gue ini mesen tempat penginapannya di Pulau kelapa dua 😟 , kecewa sedikit karena gak ada omongan dari awal, kalo kita bakal stay di pulau kelapa dua, karena yang kita tau ya penginapannya di pulau Harapan. Sempet complain tapi kata guide kami, dia mau kita lihat dulu penginapannya, kalo gak suka bisa pindah ke pulau harapan. Oke fine, akhirnya kita naik getek super (perahu kecil) lagi, sempet gak enak sih sebenernya sama temen – temen karena planning berubah, tapi gue juga gak bisa ngapa – ngapain juga 😟 (sorry yah guys), akhirnya kita sampe di pulau kelapa dua, well ini pulaunya sebelahan banget kok sama pulau harapan, cuman lebih kecil aja sih pulaunya. Oke, sampe kita di penginapan, gue biarin temen – temen gue observasi suka atau tidak suka di penginapan ini, dan Alhamdulillah pas ditanya mereka fine – fine aja. Akhirnya kita stay di pulau kelapa dua.
(Perjalanan dari Pulau Harapan – Pulau Kelapa Dua naik getek super)
Sesampainya di penginapan kita langsung disuguhin makan siang, bukan ke pulau namanya kalo menu makannya itu gak ada unsur “ikan”nya hahaha. Karena kalo ke pulau ya kita pasti makan ikan hehe. Langsung deh tuh makanan disantap sama anak – anak Saman. Enaknya pergi bersama ciwi – ciwi ini adalah mereka itu makannya gak banyak, so ketika mereka selelsai makan, sisa lauknya itu masih banyak banget, yaudaaa langsung aja di lahap kloter terakhir yang belom makan haha. Puas sih, makanannya banyak jadinya kita gak kekurangan hehe. Oiah, salah satu temen gue di rombongan ini gak suka makanan yang berbau “fishy” so, dia makannya ya seadanya, kalo lauknya ikan semua ya dia makan mie doang hufttt, sayang banget sih tapi ya mau gimana lagi hehe. Oke setelah makan, kita langsung sholat dan prepare buat snorkeling. YEAY! Itu hal yang paling gue suka banget kalo ke pulau, yup! karena snorkelingnya itu hihihihi. Sekitar jam setengah 2, kita melanjutkan perjalanan keliling pulau dan cari spot – spot yang bagus buat snorkeling. Akhirnya kita berenti di suatu tempat and it’s snorkelling time!
(Snorkeling di Tempat 1)
Asli daaaa, ini kita mau foto kaya di Instaram gitu yakaaann model bintang gitu, tapi gak berhasil – berhasil, jadinya ya begini dahhh seadanya wkkwkw. Susah banget buat ngumpulin orang – orang biar jadi rapih hett dah L Intinya kita udah berusaha sebaik mungkin dah buat bikin foto “instragamable” wkwkkw. Speerti yang gue bilang di awal, kalo gue suka banget sama snorkelling (Insyaallah pengen nyoba diving someday hehe). Ini ada beberapa foto gue, abis diving.
(Foto bareng Pitek, Sittah, dan cacak)
(foto – foto abis snorkelling hehe)
(Ini ada foto underwater dari kameranya guide kita heummmmm… jernih banget ya guys ? HAHAHA)
Sumpah ya, foto – foto di dalem airnya bener – bener susah buangettt, karena airnya super duper asinnnn, dan kita harus melek. Well ada sih foto gua yang lagi gak pake snorkel tapi jelek HAHAHA karena susah banget buat melek. Sempet beberapa kali nelen airnya, asli daaaa asin bingits dan kelilipan matanya (asli ini gak enak banget soalnya perih buangett). Sebenernya ini di dalem air penampakannya lebih bagus daripada hasil jepretan abangnya, aslinya di dalem airnya itu aduhhh bangusss bangetttt! Sayang kameranya aja gak mendukung hehe. Abis dari situ, kita lanjut ke tempat snorkeling selanjutnya, gak jauh beda sih sama yang sebelumnya, cuman kalo di tempat kedua karangnya lebih dalem, ketimbang tempat sebelumnya, tapi tetep bagusssss, apalagi ngasih makan si ikan, langsung pada gerubunginnya gak selow hahaha. Setelah puas snorkelling, kita lanjut ke pulau selanjutnya (asli ini gue lupa namanya apa) di pulau tersebut kita gak lupa ya buuu buat foto – foto hahaha, karena kita personilnya para wanita jadinya foto itu merupakan hal yang KUDU tidak boleh dilupakan. Ini ada beberapa foto – foto kita pas di suatu pulau sebut saja pulau A.
(foto bareng duo maung Caca dan gita)
(kalo ini foto bareng musuh bubuyutan sama ketua BLDC (Pitek dan Khilda)
(terakhir foto full team <3)
Karena masih ada waktu, kita mampir ke pulau terakhir ya sebut saja pulau B, ini pulaunya bagus guys sepiii bangettt, berasa pulau milik kita doang ahhaha.

(Tetep yaaa, yang namanya foto gak ketinggalan haha)
Waktu udah semakin sore, kita akhirnya memustuskan untuk menikmati sunset di getek super ini, sumpah yaaa yang gue suka ke pulau itu, ketika kita di pulaunya, atau di pantainya atau pas di getek supernyanya itu, gue bisa lihat keindahan langit yang memang jarang banget gue temuin! Perpaduan warna menuju senja emang paling favorit dah emang, bagus bangetttt! Seketika gue jadi skyslover gitu, tapi emang beneran indah banget guys. Gak percaya ?
(lihatttt, baguskan ? mungkin menurut kalian biasa aja tapi ini menurut gue bagus banget, apalagi pas lihat aslinya bedeuhhhh, no words can describe this beauty)

(foto – foto pas perjalanan ke homestay)
Sesampainya di homestay, langsung dah pada MANDI hahaha, kamar mandinya cuman 1 tapi yang mau mandi banyak, untunglah ada ibu yang menjaga homestay tersebut menawari kita mandi di rumahnya (tinggal masuk pintu belakang dari homestay), jadi sedikit lebih cepat haha. Malam tiba, rencananya sih kita mau main di luar homestay, tapi kita terlalu nyaman di dalam homestay jadinya pada malam pertama kita ngabisin waktu di homestay cekaka-cekiki sampai tengah malam! Gue sendiri karena udah capek banget, jadi udah molor duluan, tapi temen – temen lainnya pada di ruang utama sambil julid HAHAHA (gak dengg).

Hari selanjutnya, kita langsung ke pulau Bira kecil dan Bira Besar! Dan kita udah persiapan pake baju samaan which is warna putih hehe. Ini ada beberapa foto kita menghabiskan waktu di pulau tersebut, mulai saat di perahu dan di pulaunya.

(foto full team)
Next kita lanjut ke pulau selanjutnya, yaitu pulau Bira Besar (kalau gak salah gue lupa banget guys 😟). Disana kita ya gak lupa buat foto – foto sambil nikmatin siang hari disana, aseli ya tempat ini enak banget buat tiduran huhu, karena disana ada tempat tidur jarring yang disangkutin ke pohon, di saat temen – temen gue foto – foto, gue lebih memilih menyendiri sambil tiduran di jarring pohon tersebut, sambil nikmatin indahnya HIDUP HAHAHA. Ya gak lupa sih gue buat foto – foto sendiri hihihihi.
(foto di hammock jarring yang ada di pulau Bira Besar (kalau gak salah))
Sumpah yah ini tuh enak banget, kalo disuruh pilih nginep di homestay atau disini, ya gue lebih milih di pulau bira besar, soalnya enak bangettt, tenanggg, ademmm banget, pokoknya nyaman banget deh. Next kita lanjut ke pulau selanjutnya dan sebelum itu kita sempatkan waktu untuk mengabadikan moment lagi HEHEHE.

( ini  foto bareng lala, chibs ahoy, dan Xena)
(foto sama Xena si princess warrior wkwkwkw)
Lanjuttt perjalanan, katanya sih pulau selanjutnya itu yang paling bagus dan jadi destinasi orang banyak kalau mau nge-camp. Perjalanan cukup jauh, hampir 1 jam kali ya buat ke pulau terakhir, dan rute perjalanannya juga cukup challenging karena getek super ini ukurannya tidak terlalu besar, jadi kalo ada ombak ya kerasa bangettt, untung aja gak ada yang mabok laut hahaha. Oke, sesampainya disana sebenernya kita udah capek banget buat foto – foto karena udah kelamaan di dua pulau sebelumnya HAHAHA, jadi mulai enek, tapi karena kita belom foto full team yang bagus banget gitu yah, alhasil ya tetep aja harus foto – foto HAHAHA.

(2 foto terakhir itu emang foto seadanya karena kita udah capek banget karena perjalanan yang jauhhh buat kesini doang ahha)
Oiah, tadi kenapa pulau ini paling bagus buat nge-camp karena di pulau ini yang spesial adalah pohon kelapanya, kalau kalian liat lagi foto – foto sebelum ke pulau ini, gak ada pohon kelapa (mungkin ada cuman jarang), tapi kalau di pulau ini ya jarak antara kita dengan si pohon kelapanya tuh deket banget dan emang sih gue akuin bagus. Sebenernya semua pulau itu bagus, balik lagi cara pandang kita bagaimana kepada pulau tersebut hehehe. Oke, karena kita semua udah pada capek banget, jadinya waktu di pulau ini gak lama, karena udah gak mood hehe. So, kita akhirnya mengakhiri perjalanan balik ke homestay. Entah kenapa gue kok demen banget ya “menggosongkan diri” gituuu, padahal kulit gua jauh dari putih HAHAHA. Setiap di perahu, posisi duduk dari yang paling belakang, ke paling depan. Beda sama yang lainnya, yang melindungi tubuh mereka dari sinar matahari biar gak hitam, lahh gua malah mancing banget biar item hahaha. Tapi ya gue suka aja gitu di depan, ngeliat apa aja yang ada di depan. OIAH, pas kita perjalanan pulang juga kita ketemu sama LUMBA – LUMBA, dan dia lewat tepat dibawah getek super ini, gilakkk, pas para lumba – lumba lewat, gue ketinggalan banget, beberapa temen gue liat si lumba – lumba itu melewati perahu kita dan suasana langsung berubah jadi semakin seru hahaha, setelah lewat perahu baru deh dari kejauhan gue ngeliat mereka menampakkan diri mereka dengan cara meloncat ke luar dan ke dalam. Asliii sih keren bangettt! Setelah ngeliat si lumba – lumba, tetep ya gue minta si guide buat fotoin gue HEHEHE.

Oke, sesampainya di homestay kita makan siang (makannya jam 3an HAHAHA). Asli perjalanan terasa sangat jauh karena kita laper dan juga puyeng karena di colekin mulu sama ombaknya yang gak nyantaiii huftttt 😟 Pas liat daratan tuh udah kaya apa tau dah, girang buangettt karena emang udah enek banget guys HAHAHA. Oke, disana kita istirahat sebentar, gak lama kita pengen main kano! So, kita langsung team up buat balapan kano di sore hari HAHAHA. Asli ini seru abisss! Menghabiskan waktu di sore hari dengan melakukan hal yang positif emang seru bangettt ketimbang berleha – leha di rumah sambil melakukan hal yang kurang berfaedah wkwkkw.

Gak kapok dari situ, kita langsung ke jokolandro, ngapain coba ? cuman mau nyemplung doang 😟 HAHAHAHA.
Oke, matahari semakin terbenam akhirnya kita balik ke homestay buat mandi karena badan udah pada guatelll hahaha. Malam pun tiba, dan saatnya BBQ (barbeque) bener gak tuh tulisannya ? hehehe. Kita ngabisin waktu malam ini di luar homestay deket dermaga, ada yang bantuin bakar ikan, ada yang eksplor pulau kelapa dua, dan yang terakhir sambil nunggu ikan selesai di bakar itu ada beberapa dari kita yang nyobain DURI BABI! Gue pribadi sih ogah nyobain,, karena gak suka daging mentah, tapi kata temen – temen gue yang nyobain sih enak, tapi no thank you 😊 gue lebih baik nungguin ikan kelar di bakar aja hehehe. And finally, ikannya pun sudah jadiii YEAYdan saatnya kita untuk makan bersama YUHUUUUU!

(Dinner ala anak saman)
Sadly, 2 dari kita gak bisa makan ikan jadinya yaaa yaudah sisanya aja yang ngabisin dan ikannya tuh bedeuhhhh endesss banget, enak! Mungkin karena fresh kali ya, ikan hasil tangkepan warga, sampe kenyang sendiri makannya hahaha. Setelah makan, kita balik lagi ke homestay dan istirahat. (beberapa masih melek ampe tengah malem)

Hari terakhir di sini, jangan sampe nyia-nyiain waktu, pagi tiba gue dan beberapa temen gue ke jokolandro, buat mengabadikan foto untuk yang terakhir kalinya sebelum balik HEHEHE.

(foto diambil pas matahari mau rising)

Gak kerasa, sudah 3 hari aja di Pulau ini dan akhirnya kita pun pulang. Yup, kita say goodbye dengan para awak getek super untuk yang terakhir kalinya dan juga guide kita (si papih) HAHAHA. Semoga di lain waktu bisa bertemu kembali. Kapal jalan sekitar jam 11 dan ketika kita pulang ada kapal yang baru datang dan kalian tau apa ? Penumpang yang ada di kapal tersebut ramai sekali HAHAHAHA, karena sudah mulai weekend. Oke, lanjut Perjalanan dari pulau Harapan – Pelabuhan Kali Adem menghabiskan waktu sekitar 2,5 Jam. Cepet ya ? iyah, karena kapal yang kita gunakan merupakan kapal ekspress, jadi jalannya cepet udah kaya naik speedboat tapi versi kayunya hehe. Sesampainya di Kali Adem, kita sholat dzuhur dan Ashar, kemudian melanjutkan perjalanan pulang dengan ngetem angkot sampai rumah.

Dari perjalanan ini saya belajar untuk lebih bersyukur atas keindahan yang dibuat oleh sang maha kuasa (ALLAH SWT), langit – langit yang sangat indah, pulau – pulau yang begitu menenangkan, dan keindahan dalam laut yang tidak bisa saya deksripsikan karena terlalu indah, membuat saya lebih mencintai alam Indonesia. Indonesia ini sangat indah dan saya banyak belajar dari pengalaman ini. Terima kasih atas waktu yang telah kau berikan kepada kami, teruntuk pulau – pulau yang sudah kami singgahi.