Perjalanan Tak Terlupakan di Gunung Merbabu

04.51


Halo semua, kali ini saya mau menceritakan perjalan saya ke Gunung Merbabu pada tanggal 2 juli sampai 7 Juli 2017 bersama kawan - kawan kampus saya. Sebenarnya mau nulis perjalanan ini udah dari lamaaaaa banget tapi baru kesampean sekarang 😅 Banyak urusan dan kegiatan jadinya selalu gak sempet buat nulis di blog. but kali ini saya dapet mood buat nulisnya nih.

Oke, perjalanan di mulai menggunakan kereta dari stasiun senen ke stasiun semarang poncol dari jam 11 malam sampai jam 6 pagi. Costnya sekitar 120rb/orang. Oiah, stasiun semarang itu ada dua, yaitu poncol dan tawang, tapi kita ambil kereta yang ambil ke stasiun poncol karena kita mau melewati jalur wekas. JUJUR gue ini masih pemula dalam urusan mendaki, kalian mau tau kenapa gue mau naik gunung Merbabu ? jadi, keinginan "sok - sok menggebu" gue ingin mendaki gunung ini karena kawan gue yang pernah kesana bilang ke gue, kalo mau ke gunung yang viewnya bener - bener bagus ya ke Gunung Merbabu, karena disana viewnya bagus banget (kata temen gue ni ya). so, karena di bius sama dia, akhirnya gue mau lah dateng ke gunung ini. Akhirnya gue bikin tim "ala-ala" naik gunung bareng temen gue which is ketua GPA waktu di SMA gue dulu dan kawan - kawan UKM Makopala di kampus gue, most of them sih anak Makopala yang ikut dan rata - rata gue belom kenal semua haha (gpp dapet temen baru yakann). Setelah ngerencanain A-Z hampir aja tuh gajadi karena banyak yang ragu sama jalur Wekas dan banyak yang mau lewat jalur aman yaitu selo. Alesan gue mau lewat jalur wekas karena lebih dekat dibanding jalur selo. Prinsip gue naik gunung ya cari jalur yang emang bener - bener paling deket (kalo bisa) biar gak muter2 dan wasting my time (alah😅😅) . oke, pas sampai di stasiun poncol, kita sarapan dulu di warung deket stasiun, setelah itu kita sempet kesulitan nyarter angkot (karena kita mau cari yang murah jadi nyarter angkotnya langsung pas hari H, which is kita naik turun angkot. itu rencana awalnya) karena kesulitan mencari angkot yang ke arah yang sudah kita rencanakan, akhirnya kita tetep aja nyarter satu angkot buat langsung ke pos wekas 😅😅, costnya sekitar 550rb dan itu dibagi 9 orang jadi perorangnya itu... hmm itung aja sendiri ya berapa 😁😁

(ini foto kita di dalam angkot waktu perjalan ke pos wekas)

Oke, perjalanan dari stasiun poncol ke pos wekas membutuhkan waktu yang cukup LAMA, karena kita sempet behenti belanja di pasar dan kita kira gak jauh 😅😅 ternyata lumayan ya boook, jauh juga hahaha. kira - kira satu jam kali ya ? gatau deh kira - kira segituan deh. Pas sampai di pos wekas kita langsung ke salah satu tempat peristirahatan yang ada di pos wekas. saya lupa nama pos peristirahatannya apa, tapi yang pasti bukan posnya kang aan, karena masih naik lagi ke atas. kalo kita masih di bawahnya, dekat pos masuk yang mau bayar tiket. oiah untuk tiketnya masuknya saya lupa berapa, tapi yang pasti mah murah, gak mahal kok hehe. Setelah ngaso, sholat, dan benerin isi keril akhirnya kita jalan dari jam 12.30 atau jam 13.00an. 

(Cewe – cewe strong, siap ndaki lewat jalur wekas haha)

Baru naik aja, udah kerasa capeknya HAHAHA, maklum ya, udah lama gak ndaki jadi sedikit kaget (ini note buat gue sendiri untuk selalu berolahraga dulu kalau mau ndaki biar badannya gak kaget) perjalanan dari basecamp ke pos 2 memakan waktu sekitar 3 jam-an karena banyak istirahatnya hehe. Jalurnya juga gampang kok, karena emang udah ada jalurnya, banyak pipa – pipa air jadi tinggal ngikutin aja. 😊


( ini lagi istirahat di Pos 1, sorry ya muka gue sok asik gitu hahaha😅)

Dari pos 1 kita lanjut ke pos 2, jalurnya sih sama seperti pendakian ke gunung – gunung yang lain. Dan perjalanan dari pos 1 ke pos 2 menghabiskan waktu sekitar 2jam-an kali ya, gue lupa 😅. Dan akhirnya terlihat lahan kosong terbentang di depan mata yang menunjukkan kalo kita udah sampai di pos 2. YEAY! Seneng ? Banget! Haha😅, akhirnya bisa berleha – leha dan beristirahat.

(duduk santai di sore hari, alahhh😎)

( ini komuk definisi bahagia udah sampe pos 2 ala harti haha😅)

Sesampainya di pos 2, kita langsung cari spot yang bagus buat istirahat. ALHAMDULILLAH, pas kita kesana gak terlalu banyak pendaki lainnya, jadi kita bisa feel free nyari spot yang enak buat istirahat😊. Pagi pun tiba, dan kalian tau ? pemandangannya sungguh sangat indah! Baru di pos 2 saja saya sudah berada di atas awan, bagaimana nanti ? pasti pemandanganya semakin bagus ! Sumpah, dari pos 2 saya bisa melihat gunung lain, saya kurang tau itu gunung apa, tapi pemandangan gunung tersebut sangat terlihat dekat dan saya sangat menyukai pemandangan tersebut karena memang sangat indah ! Oke, fokus ke yang lain, kita pun prepare bikin makanan, ambil air dsb. 

(keesokan harinya, lagi prepare makanan dan lain sebagainya)

Setelah semuanya dipersiapkan, kita akhirnya melanjutkan perjalanan ke puncak Merbabu. Sebenernya gue mau ke dua puncak yang di Merbabu, tapi karena kita semua adalah pendaki yang baru menjajah gunung ini, jadi kita cuman bisa ke satu puncak yaitu puncak kenteng songo. Oh iya, the real adventure baru dimulai dari pos 2 sampai ke puncak hahaha😈. Kenapa bisa begitu, karena emang dari pos 2 ke puncak ternyata jalurnya MASYAALLAH, mantap sekali permisahhh. Saya rada gedeg juga sih sama diri gua sendiri, udah tau pemula, terus sok – sokan pula ke gunung Merbabu HAHAHA. Ya ketika diceritain temen gue, dia gak cerita treknya kaya gimana, kalau tau juga gua mikir dua kali yaaaa haha. Tadinya saya mau ngajak beberapa kawan saya yang BELUM pernah ndaki, tapi syukurlah mereka gak jadi ikut karena jalurnya sungguh sangat MANTUL (mantap betul) hahaha. Dan ini fakta, ketika saya mulai perjalanan dari basecamp ke pos 2 saya gak menemukan masalah seperti kebanyakan istirahat atau apalah, TAPI pas mulai perjalan dari pos 3 ke puncak, disitu saya mulai banyak ISTIRAHAT, which mean is memperlambat kawan – kawan saya untuk sampai ke puncak. Jujur ya, bobot keril saya tidak seberat apa yang kawan – kawan lainnya bawa. Mungkin saya disini yang paling sedikit bawa barang bawaannya, karena teman – teman perempuan saya yang lainnya membawa keril yang tinggi menjulang dan saya pribadi GAK SANGGUP buat membawanya, karena emang bener- bener berat guys huhu. Oke, lanjut ke perjalanan, dari pos 2 – pos 3 itu membutuhkan waktu sekitar 45 menit kalau gak salah ? karena saya emang banyak istirahatnya. DAN di pos 3 saat kita sedang istirahat dan makan snack, tiba – tiba dari atas pohon terlihat banyak gerombolan monyet – monyet SUPER besar. To be honest, gue takut banget sama monyet asli daaa, dulu pernah diajak ortu jalan – jalan ke suatu tempat yang banyak monyetnya dan apa yang gue lakukan ? ortu gue masuk ke tempat wisata tersebut dan gue hanya menunggu mereka di dalam mobil dan gak keluar sama sekali karena TAKUT SAMA MONYET. Tapi, pas di pos 3, gimana gue bisa berlindung ? satu – satunya cara “kita” agar gak diserang monyet adalah FREEZE a.k.a diem di tempat like patung HAHAHA. Ini beneran! Saat segerombolan monkey turun dan menghampiri kita, gue hanya duduk diem kaya batu daaa asli, sambil liatin si genk monkey nyamperin kita. Ternyata setelah di telaah, para monkey tertarik sama makanan kita. Akhirnya kita memasukkan makanan kita dan berhenti makan, si monkey kaya mupeng gitu mau minta makan, tapi kita gak kasih karena kata temen gue jangan kasih makan ke monyetnya, takut dia ngambil barang2 kita lainnya. OKE. Setelah 20 menitan kita duduk like patung, akhirnya si monkey dan anngotanya pergi meninggalkan kita, dan kita pun melanjutkan perjalanan. Apakah kita langsung ke puncak? Oh ternyata tidak AHAHAHA. Kita sampai di pos perbatasan kabupaten DAN VIEWNYA ADUH PARAH SIH, KEREN BANGETTT WOYYY. Belum sampai puncak aja udah keliatan indahnya, gimana nanti di atas ? wah semakin excited aja gue naik ke puncaknya.

(Di atas batu pos perbatasan kabupaten)

Saking menikmati viewnya, tak terasa kita sudah menghabiskan waktu sekitar 45 menitan disana. Tapi emang bener kita lama disini, karena viewnya bagus bangettt daaaaa, betah gue ada diatas sini. Pantes aja ya para monyet demen ada di atas sini, karena emang bagus pemandangannya. Oiah ini ada beberapa foto gue lagi di pos perbatasan kabupaten.

(keren gak ? keren dong yaaa hehehe)

Oke, setalah menghabiskan waktu yang cukup lama di pos ini kita melanjutkan perjalanan. Sebenernya dari atas sini gue bisa melihat betapa jauhnya perjalanan yang harus gue tempuh HUAH, tapi kita tetep semangat untuk menjalankannya (sok – sok tegar sih sebenarnya). Padahal mah pengennya terbang gitu langsung nyampe hahah yakalii. Oke, perjalanan dari sini ke puncak ternyata LEBIH MANTUL lagi hahaha, karena emang kali pertama gue ndaki jalurnya naik terus (Ya Allah asli daaa, gak ada bonusnya L ada sih bonus, tapi dikittttt banget daaa aselii hufttt) DAN dari pos ini sampai puncak sepatu saya secara peralahan mulai menganga a.k.a soek L sedih banget daaa, ini padahal sepatu perdana gue yang mau jadi andelan gue pas ndaki, tapi kenyataannya si patu gak kuat lagi sama trek yang super berbatu di gunung merbabu. 


(selfie sebelum melewati jalur berbatu yang rasanya mau istighfar mulu)

Dan dari sini jugalah gue mulai jalan tertatih (alahhh), karena gue gak mau ngerepotin temen – temen gue, gue bilang “udah duluan aja, gue belakangan” sok banget yakaaan, berasa gue ranger kali ya jadi crew pembersih jalan terakhir haha. Tapi temen – temen gua emang baek banget dah ah, mereka mau nungguin, dan kalau pun gue sendiri, di bekalang sekitar 5/10 meter ada temen gue yg jadi orang paling belakang. Oiah, pas lewatin jalur yang sangat terkenal yaitu “jembatan setan” TERNYATA pas liat aslinya, gak se-serem seperti apa yang orang bilang kok, buktinya gue bisa tuh ngelewatin dengan mudah tanpa bantuan kawan – kawan gue (soalnya waktu itu, ada beberapa kawan gue yg udah duluan karena bawa keril yg super berat jadi jalannya ngebut dan kalo nungguin kawan gue yg di belakang, masih lama karena cukup jauh jaraknya). Alhasil gue jalan sendirian melewati jembatan setan itu dan penuh dengan rasa percaya diri… piece of cake! Haha. Gue pikir setelah melewati jembatan setan, jalur ke puncaknya udah makin mudah dan ENG ING ENG! Setelah jembatan setan ternyata gue harus naikin batu yang SUPER GEDE BANGET BOOOOKKK! Aduh gua bingung banget yakan, mikir gimana gue bisa naik, orang itu batunya gede banget daaa sumpahhh L mana gak ada tali webbing lagi.. nunggu kawan – kawan gue yg dibawah masih lama banget, dan kalian tau apa yang gue lakukan ? Gue memberanikan diri naik dan ALMOST FALL! Kalian harus tau, ternyata jalur abis jembatan setan itu ada batu yang ukuranya gede banget, kalo kalian gagal naik, kalian akan langsung jatuh ke jurang, yg entah kalo jatoh kelanjutan ceritanya gimana daaa gua gangerti lagi L . karena percobaan pertama gagal, akhirnya gue punya ide untuk melepas keril gue terlebih dahulu dan mengangkat keril gue ke atas batu tersebut… dengan bismillah, gue mencoba mengangkat tu keril dan berhasil ! oke next step, gue mencoba untuk mengangkat diri gue sendiri ke batu tersebut and finally I did it ! gue disitu bangga pada diri gue sendiri, karena gue bisa melakukan hal yang mungkin beberapa orang ‘takut’ untuk melakukannya sendirian. Oke setelah itu, gue langsung make tu keril lagi, dan lu tau ? di hadapan gue terlihat buanyak bebatuan yang super gede dan memicu adrenalin gua dan pada saat itu gue sendiri loh ya, gue memberanikan diri secara perlahan untuk melewati jalur bebatuan itu.. dan bisa. Gak lama kemudian gue ketemu temen gue yang sudah jalan duluan lagi istirahat, aduh dia aja yg udah jalan daritadi aja belum sampe puncak, pas tiba – tiba ada suara temen gue dari atas puncak teriak “ayokk ti naikkk, ini udah deket puncak”. Oke dari situ gue maksain badan gue untuk tetep ke atas dan sekitar 5/10 menit kemudian TADAAAA SAMPAI DIPUNCAK KENTENG SONGO !!! Wahh, syukur tiada habisnya setelah sampai di puncak ini. Gue akhirnya bisa menaklukan gunung Merbabu. Merupakan suatu kebanggan tersendiri buat gue bisa ada di puncak kenteng songo, karena banyak banget TRIAL yang gue lewati hanya untuk melihat keindahan sang pencipta di puncak kenteng songo. Alhamdulillah, pas kita ndaki, cuaca cerah dan gak banyak pendaki yang lagi ndaki di merbabu, jadi berasa beruntung bangettt menikmati sore hari di puncak ini. Gak dapet dua puncak gak jadi masalah karena, dari satu puncak aja udah sangat terbayar. Dari pos perbatasan kabupaten – puncak kenteng songo menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam-an karena banyak istirahat sayanya. 



(Oke ini beberapa foto saat gue ada di atas puncak kenteng songo yah guys… indah bukan ?)

Entahlah, mungkin ini hanya saya yang rasain atau kalian juga merasakan apa yang saya rasakan, setiap gunung memiliki cerita indahnya masing – masing.. gak perduli seberapa sulitnya saya mendaki gunung tersebut, ketika saya sudah di puncak, rasa syukur saya kepada yang maha kuasa semakin tinggi karena keindahan yang tidak bisa di bayar oleh apapun! Dan salah satu cerita indah, saya temukan di Gunung Merbabu. Jujur selama saya mendaki, baru kali pertamanya saya mendaki gunung dengan cuaca yang cerah, biasanya secerah apapun cuacanya entah itu saat di perjalanan atau saat mendaki pasti terjadi hujan atau gerimis, tapi di Merbabu saya seperti diperlihatkan sang maha kuasa tentang keindahan yang ada di gunung ini. Saya merasa bersyukur dan terus bersyukur atas moment – moment saya di gunung merbabu. Oiah, ketika saya sampai di puncak itu, waktu sudah cukup sore, jadi tim dibagi menjadi 2, dimana yang tim 1 turun duluan melewati jalur selo untuk membuat tenda di Sabana 2. Oke, akhirnya kita sepakat dan saya pun masuk ke dalam tim 2 karena masih ingin berlama – lama di puncak ini. Tak terasa kita sudah 1jam setengah di puncak ini dan sudah mau maghrib, kita akhirnya turun. 


(kalau tidak salah kedua foto tersebut diambil ketika saya dan kawan2 turun dari puncak kenteng Songo.. KALAU GAK SALAH YAAAAA)

Oke mulai dari sini, saya menemukan berbagai permasalahan… kalian lihat foto – foto saya sebelumnya ? pakaian yang saya pakai hanya kaos pendek! Karena saya pikir cuaca cerah, kalau pakai jaket badan saya akan banjir di dalam karena keringatan dan jujur gak nyangka akan turun dari puncak menjelang maghrib dan angin berhembus sangat kencang sekali waktu itu. So, saya pun mulai kedinginan dan mulai memberitahukan salah satu teman saya bahwa saya mulai kedinginan.. kenapa saya harus bilang ke teman waktu itu? karena ketika saya berhenti dan mau ambil baju hangat saya, ternyata jaket gue letaknya ada di tengah2 keril which mean is kalau mau ambil ya gue harus bongkar semuanya dan gak ada waktu buat itu karena kita mengejar waktu dan penerangan dari matahari yang mulai terbenam. Alhasil, gue pun menggunakan ponco temen gue HAHAHA, aseli ya pas pake ponco gue merasa hangat syekalihhh. Biarin dah aneh, yang penting gua anget! DANNNN kalian tau apa masalah selanjutnya yang melanda saya ? tak lama dari itu, SEPATU saya yang awalnya mulai soak, akhirnya pun GIVE UP dimana dia JEBOL a.k.a misah gitu sol ama patunya, kan gak asik yaaa L mau cepet, malah jadinya berenti mulu gara – gara gua… patu gua jebol dikarenakan jalur turun yang sangat ekstrim, sampe gue pun gak sanggup buat turun pake kaki, jadi gue turun kaya merosot gitu lho, bikin perosotan sendiri, karena hal itulah sepatu gua akhirnya membuat keputusan untuk ‘menjebolkan’ diri karena sudah gak sanggup lagi menghadapi jalur turunan yang sangat ekstrim. Oke,  singkat cerita gue dipinjemin sandal gunung ama temen gue, orangnya masih sama kok wkkwkw. Et deh, dia gedek kali ya sama gua soalnya lama di gua doang wkwkkw. Oiah pas turun, ada beberapa kawan gue yang lari.. ya ada beberapa pendaki yang ketika turun itu lari dan salah satu temen saya kehilangan kendali saat mau turun dan kalian tau apa yang terjadi dengan dia ? kawan gue HAMPIR jatoh ke jurang ! tapi Alhamdulillah gajadi jatoh, karena kerilnya dia kesangkut dengan ranting pohon. Langsung kawan2 saya yang lainnya membantu. JUJUR, ini kali pertamanya saya melihat orang hampir MATI terhampas ke jurang. Gue gabisa bayangin kalo disitu gak ada ranting pohon, ceritanya pasti udah lain L . Gak kerasa matahari pun terbenam, badan gue semakin lemes gak karuan, rasanya itu udah kaya mau hipo, aseli daaa badan gue rentek banget.. belom pernah gue kaya gini sebelumnya. kita sempet berhenti karena gak keliahatan jalur yg mau ditempu tuh yg mana, akhirnya salah satu temen gue bikin semacam kode biar kita dijemput dan TADA kita pun dijemput dan mengikuti temen gue yg sudah sampai duluan dan entah kenapa badan gue bener – bener gak sanggup lagi membawa beban keril, sempet beberapa kali temen gue mengajukan diri untuk membawakan keril gue tapi gue tolak. Kenapa ? bukannnya mau sok strong, tapi gue mau mencoba diri gue sendiri.. seberapa kuat gue membawa beban ini. Itu mindset yang ada dipikiran gue, gue gamau di bilang lemah tapi takdir berkata lain, badan gue emang bener – bener lemah saat itu, mungkin karena emang sebelumnya sudah mulai kedingin pas turun tadi dan kaki gue juga mulai mati rasa karena hanya menggunakan sandal gunung jadi anginnya pun cepet merasuki bagian kaki gue. Oke, akhirnya kawan gue yg baru nyusulin kita pun dengan sukarela membawakan keril gue. Sedih ? sangat ! karena gue gabisa tetap pada pendirian awal gue. Pada akhirnya saya pun berjalan turun menuju tenda yang sudah di persiapkan dengan raut muka yang sangat lelah dan pucat. Sesampainya saya gak memikirkan apa pun, selain masuk ke dalam tenda dan menghangatkan diri, badan saya saat itu bener – bener drop… saat itu saya menyadari bahwa saya berada di titik terlemah saya dalam pendakian gunung ini. Kawan – kawan tim 1 yang sudah sampai duluan pun membantu saya dan kawan yang lainnya. Singkat cerita saya ganti baju, makan, dan tidur.

Keesokan paginya, saya bangun dan beberapa teman saya masih tidur. Jujur rasanya saya masih mau tidur tapi saya gak mau menyia-nyiakan hari terakhir saya disini, akhirnya saya pun keluar walaupun saat pagi itu anginnya sangat kencang. Saya jalan bersama 2 teman lainnya, menaiki salah satu bukit yang tak jauh dari tenda kita.. hmm lumayan jauh sih kwkwkw. Sesampainya disana, saya pun melakukan selfie ria (dewekan) hahha



(Foto yang banyak karena… “kapan lagi lu bakal balik kesini ?”)

(Ini bukan selfie, melainkan di fotoin hehe. Btw, itu tangan saya gede banget karena sarung tangannya gue pake 3 lapis.. dingin banget aslik)

Dari atas bukit itu, saya bisa melihat dengan jelas di depan mata saya keindahan gunung merapi. Terasa dekat di mata, padahal jauh hahaha. Setelah saya merasa cukup menikmati keindahan di atas bukit tersebut, akhirnya sayapun turun. Setelah sampai di tenda kawan2 saya yang perempuan mau ke atas dan akhirnya saya pun mengikuti mereka untuk mendaki kembali bukit tersebut hahaha. Dan ini lah beberapa foto saya bersama mereka.





Oke, setelah ratusan foto, kita turun dan sarapan. Ketika di sabana 2, kita sudah mulai mengirit minuman yang kita bawa, karena katanya jalur selo terkenal dengan jalur yang gak ada mata airnya dan bener aja, emang gak ada. Beruntunglah kami melewati jalur wekas karena kaya akan mata air haha. Sekitar jam 11an kita turun dari sabana 2 – basecamp selo. Dan selama saya turun melewati jalur ini, memang banyak sekali pendaki yang melewati jalur selo, karena jalur ini banyak bonusnya. TAPI kalau saya pribadi jika diberikan pilihan untuk memilih jalur wekas yang tidak ada rasa belas kasih tapi cepat sampai atau jalur selo yang banyak bonusnya tapi 2x lipat lebih lama sampainya… ya secara logika, saya lebih memilih jalur yang tercepat. Ketika turun, saya merasa kasian melihat pendaki yang naik melewati jalur ini karena sudah lelah duluan, padahal jalan untuk ke puncak masih terbilang sangat sangattt jauh dibandingkan lewat jalur wekas. Banyak dari mereka yang sudah kehausan ditengah jalan, padahal kalau melewati jalur ini, pendaki harus irit air karena jalur ini tidak ada jalur mata airnya. Saat turun saya tidak melalui banyak masalah seperti sebelumnya, karena tenaga sudah kembali terisi dan RIP my shoes HAHA. Ketika turun masih ada beberapa jalur yg membuat saya membuat prosotan dadakan, karena emang turunannya ngeri bgt kalau harus berdiri, alhasil gue jongkok dan merosotkan diri aja daripada kenapa-napa ya gak ? haha. Perjalanan saat turun membutuhkan waktu 2jam-an kalau tidak salah. Tak terasa perjalanan, akhirnya kita sampai di basecamp SELO! Saya duduk untuk berisitihat sambil menunggu kawan2 saya yang lainnya untuk sampai kebasecamp. Oiah saat itu belom memasuki rumah2 yg tempat perisitirahatan yah, kita masih deprok di pinggir jalan. Karena badan saya sudah terasa gak enak, akhirnya saya memutuskan untuk duluan mau mandi. Sadly, saya gak foto di gapura “selamat datang di jalur selo” jadinya yaudah deh HAHAHA.

(ini basecamp yang kami singgahi saat turun lewat jalur selo, tempatnya nyaman baget)

Karena matahari sudah terbenam, rencana kita untuk pulang hari itupun dibatalkan karena bis pasti sudah tidak ada jam segitu. So, akhirnya kita tidur semalam di tempat ini. JUJUR ya, saat mandi aduhhh gak bisa dibayangin lagi dah, seger bangettt sekaligus dingin. Udah tempatnya dingin ditambah airnya yang sedingin air es, yaudahlah nikmatin aja. Entah kenapa, ketika saya selesai mandi, kulit tangan dan muka saya kok terasa sakit sekali. Sakitnya tuh gak bisa diungkapkan, pokoknya perih banget seperti terbakar. Tapi saya menganggapnya “oh mungkin ini kulitnya kaget kali ketemu air dingin jadinya perih”, oke saya gak terlalu mempermasalahkan hal itu. Yaudah, setelah mandi saya makan, dan memutuskan di dalam ruangan tersebut untuk mengahangatkan diri, saya mengurungkan niat saya keluar karena dingin bangett gakuat haha.

Keesokan harinya, kami prepare untuk pulang. Sekitar jam 1 kita pergi terminal bus daerah selo. Sesampainya si terminal, kita mulai menemukan berbagai masalah haha. Pertama, kita di tipu masalah tiket bis. Normalnya tiket bis dari boyolali – ciledug itu cuman 100rebu, tapi kita kena tepu jadi bayarnya 175rebu/orang… huhu sedih gak sih? Kan lumayan buat beli mie ayam atau bakso gitu bermangkok – mangkok. Kita tau harga ini karena beberapa hari kemudian kawan gue balik lagi ke merbabu lewat jalur selo, tiket bisnya cuman 100rb. Oke fix. Jangan di sesali. Salah di kita juga, karena terlalu polos waktu itu wkwkkw. Dan masalah kedua adalah, ketika bis sampai, JENG JENG ekspetasi bakal bagus kaya bis Laju prima atau Rosalina indah gitu ya, tapi yang dateng bis gatau itu namanya apa, et deh jelek bett dah. DAN ketika kita sampai semua tempat duduknya sudah penuh, Ya Allah cobaan apa lagi coba yakannn, udah masuk ke bis yg jelek, terus 3 atau 4 diantara kita gak bisa duduk karena gak ada tempat duduknya. Oke. Kita complain! Dan kalian tau apa reaksi si calo yg beliin kita tiket ? dia bilang nanti juga ada yg kosong, HELLO kita bayar, bukan gratisan -__- kita malah dimarahin sama mereka. Mau minta uang balik, tapi udah gak bisa. Mau gak mau kita harus naik bus gembel itn, (selama saya mendaki gunung, bis yang dipakai memang gak nyari yg bagus, kita cari yg ekonomis, tapi ini udah gak ekonomis di tipu lagi? Gimana perasaan lu? Oke, jawab sendiri ya). Dan beberapa kawan saya yang gak kedapetan tempat duduk harus duduk di paling belakang deket pintu keluar. Permasalahan selesai disitu ? oh tentu tidak! Lamanya perjalanan membuat saya tertidur lelap, saya masih ingat waktu itu perjalanan menjadi lebih lama karena kita terjebak macet yang panjang dan laju si bisnya yang lemot banget daaaa!. Sempat beberapa kali kita berhenti, entah apa masalahnya, tap bis masih bisa melanjutkan perjalanan. Sampai di satu titik, sekitar daerah cikarang kalau tidak salah, bisnya berhenti lamaaaaaa sekali, saya pikir kok lama banget ya berentinya dan kalian tau kenapa ? MESIN BISNYA RUSAK! Karena rusak, para penumpang yang di dalamnya diminta keluar dan menunggu bis pengganti. Et deh pait banget aslik, waktu itu sekitar jam set4 pagi, kita ngemper di jalan tol sampe jam set7 coba manteppppp bangettt J kesel?iya. capek?iya. gedeg?BANGET. tapi yang ngerasain itu gak cuman gue doang, kawan2 saya juga, tapi kita tetap menikmatinya. Oke. Akhirnya bis penggantinya pun sampe, kita langsung buru – buru mengambil tepat duduk, ya walaupun masih di bis yang sama jeleknya seperti bis sebelumnya, setidaknya saya bersyukur yang penting bisa pulang dan bersitirahat. Sekitar jam 1an kita sampe daerah ciledug dan dari situ kita mulai berpisah satu per satu. Berakhirlah perjalanan saya ke gunung Merbabu yang memberikan saya pelajaran yang sangat banyakkkkk. Terima kasih Merbabu atas segalanya.

Untuk Merbabu dari harti si anak ‘sok’ strong HAHA.

Oiah, satu lagi ternyata kulit muka dan tangan saya perih itu emang karena terbakar matahari… kalian liat foto saya yang menggunakan kaos pendek ? ya itulah penyebab awal kulit tangan dan muka saya kebakar. Cuaca yg cerah membuat kulit saya terbakar. Saat saya sampai di rumah, ibu saya kaget melihat muka saya yang super hideung kalo kata orang sunda mah, item bangett kayak abu gosok. Terima kasih matahari yang telah membuat saya gosong. 

(Ini kira - kira muka saya sehari setelah pulang dari MT. Merbabu. saya gak masalah hitamnya, hanya saja, efek perih dari kulit yang terbakar itu yang membuat saya harus pake lotion khusus untuk mengurangi rasa perihnya)


You Might Also Like

0 komentar